Monday, October 31, 2016

Karya Tulis Mading



BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Mading adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya.

Pada saat ini telah banyak kita temukan karya tulis, membuat karya tulis bukanlah hal yang sulit, hanya saja kita harus mengembangakan kreativitas yang kita miliki.
      Namun pada saat ini siswa MAN Lipatkain lelah meniu karya orang lain di banding membuat karya sendiri karena mereka merasa membuat karya tulis itu sulit. Handphone pun menjadi salah satu penyebabnya, dengan canggihnya teknologi. Zaman sekarang semua orang khusunya siswa malika bisa dengan mudah mengakses internet dimanapun dan kapanpun. Oleh karena itu mereka hanya mengcopy paste karya orang lain.

2.      Rumusan Masalah
1.      Apa yang meyebabkan kurangnya kreativitas siswa dalam membuat mading?
2.      Apa dampak positif mading bagi siswa MAN Lipatkain?

3.      Tujuan
-          Meningkatkan kreativitas siswa MAN Lipatkain agar siswa dapat membuat mading yang baik dan benar





BAB II
PEMBAHASAN

·         Pengertian Mading
Mading yaitu salah satu jenis media atau sarana penyampaian infornasi dan penyaluran minat dan bakat yang di kerjakan dan dikelola oleh kelompok tertentu serta diperuntukkan untuk kalangan tertentu pula.
Mading sangat mungkin dijumpai di banyak tempat seperti mesjid, sekolah, perpustakaan umum, instansi pemerintahan dan lain sebagainya.
Hal ini karena mading bisa dikelola oleh siapa saja dan bisa ditempatkan dimana saja. Misalnya Mading Kampus, Mading Sekolah dan lain-lain. Mading sekolah adalah mading yang dikelola oleh suatu sekolah tertentu baik siswa maupun guru dan biasanya disajikan agar dapat dibaca oleh warga sekolah tersebut. Mading sekolah selain sebagai media untuk menyampaikan informasi (pengumuman atau berita) juga dapat dijadikan ajang atau sarana pengembangan minat dan bakat baik siswa maupun guru dalam bidang tulis menulis.
Mading juga sangat berperan dalam mengasah kemampuan siswa untuk belajar berorganisasi secara baik, melatih kedisiplinan karena harus bekerja sesuai jadwal, belajar untuk lebih kreatif dalam mencari ide-ide baru untuk tema dan tampilan mading, dan melatih siswa untuk bisa lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang harus dikerjakannya.

·         Pengertian kretivitas
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang berfikir dan bertingkah laku. Seseorang yang memiliki kreativitas atau kemampuan berfikir divergensi yang tinggi tidak banyak kesulitan dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu, kreativitas yang didefinisikan para ahli selalu berkaitan  dengan kemampuan berfikir dan bertingkah laku.
kreativitas adalah sebagai suatu proses yang digunakan seseorang untuk mengekspresikan sifat dasarnya melalui suatu bentuk atau medium sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa puas bagi dirinya, menghasilkan suatu produk yang mengkomunikasikan sesuatu tentang diri orang tersebut kepada orang lain.
BAB III
PEMECAH MASALAH

1.      Apa penyebab kurangya kreativitas siswa dalam membuat mading?
Ø  Karena mereka merasa membuat karya tulis itu sulit. Handphone pun menjadi salah satu penyebabnya, dengan canggihnya teknologi. Zaman sekarang semua orang khusunya siswa malika bisa dengan mudah mengakses internet dimanapun dan kapanpun. Oleh karena itu mereka hanya mengcopy paste karya orang lain.

2.      Apa dampak positif mading bagi siswa MAN Lipatkain?
Ø  Menjadikan siswa lebih kreatif dan bisa mengelurkan inspirasi dan bakatnya, salah satu sarana bertukar informasi dalam kegiatan mading, melatih kecerdasan berfikir dan memotivasi diri agar berlatih menulis. Mading juga sangat berperan dalam mengasah kemampuan siswa untuk belajar berorganisasi secara baik.











BAB IV
PENUTUP

·         Kesimpulan
Dengan mading siswa akan lebih mudah berkreatifitas dan dapat mengembangkan bakat-bakat mereka dalam suatu mading, dan siswa-siswa berminatmengisi mading di sekolah-sekolah agar siswa tahu bahwa mading adalah wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan bakat.
·         Saran
Dengan adanya mading siswa dapat mengetahui bakat dan kreativitas dan bisa bertukar informasi melalui mading

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Post a Comment