BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Selama ini banyak kalangan bahkan
kaum pelajar belum mengerti akan arti penting keberadaan perpustakaan.
Ironisnya hal ini terjadi ditengah-tengah dari maraknya sosialisasi mengenai
urgensi perpustakaan dan perkembangan perpustakaan yang kini telah hadir hampir
di setiap lembaga pendidikan. Belum lagi dengan adanya berbagai jenis
perpustakaan sesuai fungsi dan penggunaannya, kian membutakan kaum pelajar akan
pengetahuan dari lokasi yang disebut sebagai sumber pengetahuan ini.
Guna turut mensosialisasikan
mengenai peran dan urgensi perpustakaan, makalah ini kami susun. Selain itu,
penulis berharap agar pengetahuan para pelajar menjadi semakin terbuka akan
perpustakaan dan perkembangannya pada khususnya dan kepada seluruh pembaca pada
umumnya.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan Perpustakaan sebagai sumber belajar ?
2.
Apa fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan ?
3.
Bagaimana peran perpustakaan sebagai sumber belajar, pusat informasi dan
inovasi?
1.3 Tujuan
1.
Mengetahui maksud Perpustakaan sebagai sumber belajar.
2.
Mengetahui fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan.
3.
Mengetahui peran perpustakaan sebagai sumber belajar, pusat informasi dan
inovasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Perpustakaan
Darmono mengemukakan bahwa
Perpustakaan pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi
bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan
buku-buku atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media
belajar siswa
Pengertian
perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku/book
materials dan bahan nonbuku/nonbook materials yang disusun dengan sistem
tertentu dipersiapkan untuk diambil manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk
dimiliki sebagian maupun keseluruhan. Ibnu Ahmad Saleh memberikan definisi
perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang
diatur dan disusun dengan sistem tertentu, sehingga sewaktu-waktu diperlukan
dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.
Perpustakaan adalah sebuah tempat
yang digunakan untuk menyimpan informasi baik berupa cetak (buku, koran,
jurnal, majalah, karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik (pita kaset,
film, slide,) yang biasanya disimpan menurut tatanan tertentu yang digunakan
pengunjung untuk dibaca atau dipinjam dan bukan untuk dijual.
2.2 Tujuan Perpustakaan
Tujuan perpustakaan tidak dapat lepas dari fungsi perpustakaan. Diantara
tujuan pokok didirikannya sebuah perpustakaan adalah :
a) Menyediakan
sarana atau tempat untuk menghimpun berbagai sumber informasi untuk dikoleksi
secara terus menerus, diolah dan diproses.
b) Sebagai sarana atau
wahana untuk melestarikan hasil budaya manusia (ilmu pengetahuan, teknologi dan
budaya) melalui aktifitas pemeliharaan dan pengawetan koleksi.
c) Sebagai agen
perubahan (Agent of changes) dan agen kebudayaan serta pusat informasi
dan sumber belajar mengenai masa lalu, sekarang, dan masa akan datang. Selain
itu, juga dapat menjadi pusat penelitian, rekreasi dan aktifitas ilmiah
lainnya.
d) Menciptakan budaya
membaca untuk mencerahkan masa depan bangsa. Karena dari membaca inilah kita
dapat memperoleh berbagai macam pengetahuan yang berguna untuk menjadi bekal di
kehidupan kita yang akan datang.
2.3 Fungsi Perpustakaan
Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya adalah:
a) Fungsi
penelitian
Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah.
b) Fungsi pendidikan
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan
atau mempelajari kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru
di kelas.
c) Fungsi
rekreasi
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati
bahan yang ada.
d) Fungsi informasi
Perpustakaan berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaan
dengan pemenuhan rasa ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.
2.4 Jenis-jenis
Perpustakaan
a) Perpustakaan Negara
Kebanyakan negara di dunia mempunyai perpustakaan negaranya sendiri.
Perpustakaan negara memainkan peranan penting dalam membangun dan menyelaras
berbagai isu berkaitan perpustakaan dan profesion pustakawan. Fungsi
perpustakaan negara yang penting adalah sebagai pusat bibliografi negara yaitu
ia menyimpan dan mengkatalogkan semua hasil penerbitan negaranya.
b) Perpustakaan awam
Perpustakaan awam
termasuk perpustakaan negeri, perpustakaan daerah, dan perpustakaan desa. Ia
berfungsi menyediakan pengkhitmatan serta kemudahan bacaan dan rujukan kepada
penduduk atau komuniti di sekitarnya. Koleksi perpustakaan awam adalah berbagai
dan merangkumi bahan bacaan untuyk semua golongan yaitu anak-anak, remaja dan
dewasa.
c) Perpustakaan akademik
Perpustakaan akademik
adalah perpustakaan di institusi pengajian tinggi seperti university, kolej dan
maktab. Fungsi perpustakaan akademik menyediakan bahan-bahan untuk kegunaan
para pelajar dan tenaga pengajar di institusinya.
d) Perpustakaan sekolah
Setiap sekolah biasanya dilengkapi dengan perpustakaan atau dipanggil pusat
sember. Saiz perpustakaan sekolah kebanyakan adalah kecil dengan koleksi bahan
yang sederhana. Koleksinya terdiri daripada buku-buku rujukan seperti
kamus, ensiklopedia, atlas, dan juga buku cerita.
e) Perpustakaan khusus
Perpustakaan khusus adalah perpustakan yang berada di dalam sebuah
organisasi ataupun syarikat. Perpustakaan khusus berfungsi memberikan
perkhidmatan kepada pengguna yaitu mereka yang berada di dalam organisasi itu.
2.5 Penggunaan Perpustakaan sebagai Pusat
Sumber Belajar Bahasa Arab
Perpustakaan merupakan pusat sarana akademisi. Perpustakaan menyediakan
bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah/jurnal
ilmiah,peta, surat kabar, karya-karya tulis berupa monograf yang belum
diterbitkan, serta bahan-bahan non cetakan seperti micro-fish, micro
film, dll. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dmanfaatkaan oleh pelajar,
mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai
bidang keilmuan baik untuk tujuan akademisi.
Sumber belajar pada hakikatnya merupakan komponen sistem intruksional yang
meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang mana hal itu
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian sumber belajar dapat
dipahami sebagai segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta
didik) dan memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Untuk menjamin
bahwa sumber belajar tersebut adalah sebagai sumber belajar yang cocok, sumber
tersebut harus memenuhi ketiga persyaratan sebagai berikut:
à Harus dapat
tersedia dengan cepat
à Harus
memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri
à Harus
bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan para
siswa dalam belajar mandiri.
Sumber belajar dapat berasal dari berbagai bentuk misalnya orang juga
dapat menjadi sumber belajar, yakni ketika staf pengajar menyediakan diri
sebagai manusia sumber yang dapat tersedia setiap saat sehingga dapat
memecahkan berbagai kesulitan siswa secara individual. Begitu juga tempat
tertentu dapat dijadikan sumber belajar, contohnya adalah perpustakaan yang
bisa digunakan. Setiap saat saperti yang diuraikan sebelumnya.
Begitu juga dalam pembelajaran bahasa arab perpustakaan merupakan
salah satu sumber belajar karena menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung
dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan
keterampilan sebagai berikut.
a)
Keterampilan mengumpulkan informasi, yang meliputi keterampilan:
Ø mengenal sumber informasi dan
pengetahuan
Ø menentukan lokasi sumber informasi
berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan
indeks
Ø menggunakan bahan pustaka baru,
bahan referensi seperti kamus, buku tahunan dan lain-lain.
b)
Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti:
Ø memilih informasi yang relevan
dengan kebutuhan dan masalah
Ø mendokumentasikan informasi dan
sumbernya
c)
Keterampilan menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi
informasi, seperti:
Ø memahami bahan yang dibaca
Ø membedakan antara fakta dan opini
Ø menginterpretasi informasi baik yang
saling mendukung maupun berlawanan.
d)
Keterampilan menggunakan informasi, seperti :
Ø memanfaatkan intisari informasi
untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
Ø menggunakan informasi dan diskusi
Ø menyajikan informasi dalam bentuk
tulisan.
2.6 Peranan Perpustakaan
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat menjalankan
peranannya. Secara umum peran – peran yang dapat dilakukan adalah :
a)
Sebagai Pusat Informasi
Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang memiliki peranan penting
dalam memberikan suatu informasi. Hal ini dikarenakan sebuah perpustakaan
pastinya mempunyai koleksi buku tidak hanya satu,bisa ratusan atau bahkan
berpuluh-puluh ribu. Yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis buku,
seperti karya umum, filsafat, ensiklopedi dan lain-lain. Tidak hanya buku,
perpustakaan sekarang juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah, koran
ataupun artikel yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
b)
Sebagai Pusat Inovasi
Perpustakaan sebagai tempat tersimpannya berbagai informasi yang dulu hanya
sebagai tempat penyimpanan buku semata,kini juga sebagai tempat untuk tumbuhnya
ide-ide yang kreatif. Dari ide-ide kreatif itulah dapat tercipta suatu karya
yang apat bermanfaat bagi orang lain. Dan dari karya para pengguna perpustakaan
inilah nantinya dapat pila muncul suatu wacana atau pun gagasan yang dapat
dibaca dan digunakan oleh orang lain. Contohnya bila kita membaca tentang buku
pembudidayaan jamur. Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif, maka dari
membaca buku itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan dapat
membuka lapangan pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.
c)
Sebagai Pusat Sumber Belajar
Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi
dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara
baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan
kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat
perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan
adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan
dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.
Fungsi Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan
informal. Artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah
maupun dalam lingkungan pendidikan.
Untuk memelihara efisiensi danefektivitas proses belajar mengajar. Dengan
adanya perpustakaan di sebuah sekolah atauperguruan tinggi dapat membantu
pengguna perpustakaan bisa lebih cepat dalam membantu mencariliteratur atau
bahan untuk proses pembelajaran. Sehingga masyarakat dimana perpustakaan itu
berada dapat mendapatkan informasi yang cepat dan akurat denganadanya
perpustakaan tersebut.
Untuk memberikan kemudahan bagi proses belajarmengajar dimana perpustakaan
itu berada, kemudahan itu antara lain:
· Kemudahan
mencari informasi
· Kemudahan
mencari bahan pembelajaran
· Kemudahan
menemukan buku yang tidak dijual di toko buku
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Pengertian perpustakaan adalah
kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku/book materials dan bahan
nonbuku/nonbook materials yang disusun dengan sistem tertentu dipersiapkan
untuk diambil manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun
keseluruhan.
Fungsi Perpustakaan yaitu untuk
penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi. Jenis-jenis Perpustakaan
diantaranya yaitu: Perpustakaan negara, Perpustakaan awam, Perpustakaan
akademik, Perpustakaan sekolah dan perpustakaan khhusus.
Peranan perpustakaan yakni sebagai
pusat sumber informasi, Sebagai Pusat inovasi dan Sebagai pusat sumber belajar.
3.2 Saran
Demikian makalah yang kami sajikan, bila ada kesalahan dalam penulisan juga
kekurangan dalam segi pembahasan mohon dimaklumi. Dengan segala kerendahan
hati, kami sebagai penyusun makalah mengharapkan kritik dan saran yang
membangun dari teman-teman dan dosen pembimbing agar dapat memperbaiki makalah
selanjutnya.
0 komentar:
Post a Comment